Sebagai tindak lanjut kunjungan Yuko Oshitani,MA selaku President Tohoku Tabunka Academy Sendai, Miyagi Jepang pada tanggal 31 Juni 2016 silam yang telah
memberikan sosialisasi dihadapan mahasiswa Universitas Wahid Hasyim dengan tema: “Prospek Kerja/Studi LanjutS2/S3 di Jepang”. Untuk kunjungan balasan, beberapa waktu lalu, Unwahas mendapat undangan dari Yuko Oshitani, MA President Tohoku Tabunka Academy agar bisa datang ke Jepang untuk menandatangani MOU antara Rektor Unwahas dengan President Tohoku Tabunka Academy dalam rangka pengiriman mahasiswa Unwahas belajar sambil bekerja di Jepang . Mengingat undangan tersebut sangat penting untuk pengembangan kelembagaan Unwahas di kancah internasional, maka Rektor memutuskan untuk memenuhi undangan tersebut. Dalam kunjungan tersebut Rektor Unwahas didampingi Umar Chadhiq,SE,MM selaku Dekan Fakultas Ekonomi
Selama tujuh hari kunjungan di Jepang didampingi Hariyadi Budi Susanto, mahasiswa program PhD di Tohoku Univesity Sendai Miyagi Jepang. Diawali kedatangan di hari pertama di Tokyo dipertemukan dengan tiga pengusaha yaitu TakedaTomohiro, Hiraki Ryoichi dan Namaki Daisuke. Dari pertemuan ini diperoleh kesepakatan untuk memberi peluang kepada mahasiswa mengikuti program magang atau bekerja diperusahaan yang dikelolanya.Di hari kedua dan ketiga masih di Tokyo yaitu mengenal dan mencermati budaya masyarakat Jepang. Ternyata benar bahwa masyarakat Jepang memiliki disiplin yang tinggi, tipe pekerja keras dan ketika bertemu pada setiap orang dijalan maka kelihatan kalau orang tersebut selalu fokus pada kepentingan diri sendiri dan tidak akan mengganggu/tidak ingin diganggu orang lain, namun bukan berarti tidak peduli orang lain, manakala diminta bantuan orang lain maka dengan senang hati akan menolongnya.Itulah syang kami alami ketika bertanya kepadanya, ya itu sekilas pengamatan terhadap budaya masyarakat Jepang.
Selanjutnya dihari keempat perjalanan dilanjutkan ke Sendai Miyagi memerlukan waktu tempuh perjalanan darat sekitar 8 jam dari Tokyo. Ini perjalanan yang melelahkan,apalagi udaranya sangat dingin sekali, kata Pak Rektor. Ya, kedatangan di Jepang bertepatan dengan musim dingin dan setibanya di Sendai disambut dengan suasana pasca hujan salju.Kegiatan di Sendai diawali dengan memenuhi undangan Perkumpulan Mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Tohoku University dan mengadakan pertemuan rutin. Bertepatan dengan acara tersebut kedatangan rombongan pengusaha Jepang yang dipimpin Mr Hiroyoshi Chiba, menyatakan maksud meminjamkan tanahnya untuk didirikan masjid di Sendai dan niat tersebut disampaikan dihadapan mahasiswa Indonesia.Dalam kesempatan ini pula Bapak Rektor langsung didaulat untuk menyampaikan sambutam mewakili mahasiswa Indonesia di Sendai Miyagi. Ketika beramah tamah dengan Mr Hiroyoshi Chiba, Pak Rektor mengundang beliu untuk datang ke Unwahas dan Mr Hiroyoshi Chiba menyanggupi untuk suatu saat datang ke Unwahas.
Agenda terakhir di Sendai adalah yaitu mengunjungi kampus Tohoku Tabunka Academy yang beralamat di Aobaku Sendai Jepang. Sejenak Yuko Oshitani memberikan penjelasan tentang profil dari Tohoku Tabunka Academy, tiba-tiba beliau mengajak kami untuk mengunjungi kampus Tohoku University. Sesampai di kampus Tohoku University ternyata ada acara penyambutan mahasiswa dari Cina, Taiwan dan Korea yang akan mengikuti program belajar Bahasa Jepang sambil bekerja dan selanjutnya bisa studi S2/S3. Acara penyambutan ini dihadapan beberapa Profesor dari Tohoku University. Merupakan kehormatan karena Bapak Rektor diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan pada acara tersebut.

Usai mengikuti acara di Tohoku University tersebut selanjutnya diadakan MOU antara Yuko Oshitani, MA selaku President Tohoku Tabunka Academy dengan Dr.H.Mudzakkir Ali,MA selaku Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang Dalam MOU disepakati Unwahas dapat mengirimkan mahasiswa untuk belajar Bahasa Jepang di Tohoku Tabunka Academy sambil bekerja. Adapun tempat bekerja ini menjadi tanggung jawab lembaga tersebut untuk mencarikan. Program yang ditawarkan disebut 3+1 artinya mahasiswa belajar 3 tahun di Unwahas dan 1 tahun diselesaikan di Jepang sambil bekerja. Setelah lulus Sarjana diberi kesempatan untuk melanjutkan studi jenjang S2 sampai jenjang S3 sambil bekerja atau bekerja saja. Tampak dalam gambar Rektor Dr H Mudzakkir Ali,MA memperlihatkan masing-masing naskah MOU yang sudah ditandatangani dengan Yuko Oshitani, selaku President Tohoku Tabunka Academy disaksikan Dekan Fakultas Ekonomi Umar Chadhiq.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *